Senin, 24 Juni 2019    18:11 WIB
Liputan Fakta

                                 Ungkapkan Kebenaran

Mohon Maaf Atas Ketidaknyamannya***Terhitung Mulai Tanggal 15/5/2019, liputanfakta.com sedang dalam maintenace/perbaikan***Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****
logo potret

KODE ETIK INTERNAL


Pendahuluan

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers merupakan hak asasi manusia yang dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.
Kemerdekaan pers merupakan sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki untuk meningkatkan kualitas kehidupan.

Jurnalisme Liputanfakta.com bukanlah jurnalisme untuk memfitnah, memaki atau mencibir, bukan pula untuk mencari keuntungan di tengah pihak yang bertikai,
juga tidak dimaksudkan untuk menjilat atau menghamba, yang memberinya komando bukanlah kekuasaan atau uang, tetapi niat baik, sikap adil, akal sehat dan kebenaran.

Jurnalisme Liputanfakta.com adalah jurnalisme ungkapkan kebenaran, bukan mencari-cari kesalahan siapapun dari pihak manapun, kebenaran yang diungkapkan untuk terang benderangnya masalah yang terjadi dan demi penegakkan hukum untuk keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jurnalisme Liputanfakta.com adalah jurnalisme untuk mengembangkan bakat dan potensi bagi generasi bangsa untuk menjadi wartawan profesional yang mandiri dan bermartabat,  serta membangun informasi dan komunikasi untuk membuka peluang dunia usaha yang sehat dan berkelanjutan.

Jurnalisme liputanfakta.com adalah jurnalisme peduli sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik memperoleh informasi, wartawan Liputanfakta.com perlu memiliki landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional untuk menegakkan integritas, independensi, serta profesionalismenya.

Atas dasar itu Wartawan Liputanfakta.com wajib mematuhi Kode Etik Internal Liputanfakta.com, sebagai berikut :

  1. Wartawan Liputanfakta.com adalah Warga Negara Indonesia yang beragama yang diakui oleh hukum Negara Republik Indonesia.

  2. Wartawan Liputanfakta.com adalah Warga Negara Indonesia yang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

  3. Wartawan Liputanfakta.com dalam menjalankan profesi jurnalistiknya wajib sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Media Siber dan Kode Etik Internal Liputanfakta.com

  4. Wartawan Liputanfakta.com berkewajiban menjunjung tinggi kebenaran dan hak masyarakat untuk memperoleh informasi serta bertanggungjawab kepada pubIik.

  5. Wartawan Liputanfakta.com memberi tempat bagi pihak yang kurang memiliki kemampuan, kesempatan dan akses untuk menyuarakan pendapatnya.

  6. Wartawan Liputanfakta.com menghargai keanekaragaman sikap dan pandangan dalam masyarakat dan menghindari kebencian, prasangka, sikap merendahkan, diskriminasi, dalam masalah suku, ras, bangsa, jenis kelamin, orientasi seksual, bahasa, agama, pandangan politik juga orang berkebutuhan khusus atau latar belakang sosial lainnya.

  7. Wartawan Liputanfakta.com bersikap independen.
    Independen berarti memberitakan peristiwa sesuai fakta dengan hati nurani tanpa campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain.

  8. Wartawan Liputanfakta.com tidak beritikad buruk.
    Tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat untuk menimbulkan kerugian pihak lain.

  9. Wartawan Liputanfakta.com menghormati privasi kecuali untuk kepentingan publik.
    Privasi adalah segala segi kehidupan pribadi seseorang dan keluarganya. Pengabaian atas privasi hanya bisa dibenarkan bila ada kepentingan publik yang dipertaruhkan, seperti untuk membongkar korupsi atau mencegah perilaku yang membahayakan kepentingan umum.

  10. Wartawan Liputanfakta.com tidak menerima suap, tidak menyalahgunakan profesi dan menghindari konflik kepentingan.
    Suap adalah segala pemberian dalam bentuk uang, benda atau fasilitas dari pihak lain yang mempengaruhi independensi.
    Menyalahgunakan profesi adalah segala tindakan yang mengambil keuntungan pribadi atas informasi yang diperoleh saat bertugas sebelum informasi tersebut menjadi pengetahuan umum.
    Konflik kepentingan adalah suatu keadaan yang bisa mengaburkan sikap wartawan atau media dari misinya untuk menyampaikan berita yang akurat dan tanpa bias.

  11. Wartawan Liputanfakta.com tidak terlibat dalam organisasi yang berpotensi mempengaruhi integritasnya.

  12. Wartawan Liputanfakta.com harus mendapatkan informasi yang akurat dan selalu melakukan cek dan ricek.

  13. Wartawan Liputanfakta.com harus melakukan upaya sungguh-sungguh untuk mendapat tanggapan dan konfirmasi dari mereka yang dituduh melakukan kesalahan.

  14. Wartawan Liputanfakta.com menghargai kesepakatan dengan nara sumber soal informasi latar belakang, off the record dan narasumber anonim.
    Informasi latar belakang adalah segala informasi atau data dari narasumber yang disiarkan atau diberitakan tanpa menyebutkan narasumbernya.
    Off the record adalah segala informasi dari narasumber yang tidak boleh disiarkan atau diberitakan.
    Nara sumber anonim adalah orang-orang yang terancam keamanannya apabila identitasnya dibuka.
    Identitas yang harus dirahasiakan adalah segala informasi yang bisa membuat seseorang dikenali jati dirinya seperti nama, alamat, orang tua, nama sekolah, dan nama tempat kerja.

  15. Wartawan Liputanfakta.com dapat menggunakan teknik penyamaran atau pengumpulan informasi secara tertutup hanya jika semua cara yang terbuka tidak mungkin menghasilkan informasi yang vital untuk publik. Jika akhimya memakai metode penyamaran atau tertutup, harus dijelaskan sebagai bagian dalam berita. lnformasi vital adalah informasi yang memiliki dampak besar terhadap kepentingan publik.

  16. Wartawan Liputanfakta.com dilarang menerima perlakuan istimewa dari narasumber atau pihak -pihak yang berpotensi diberitakan. Perlakuan istimewa adalah perlakuan yang menyangkut fasilitas untuk pribadi di luar kebiasaan atau melebihi batas kewajaran.

  17. Wartawan Liputanfakta.com tidak mendistorsi berita dan kutipan. Distorsi adalah tindakan sengaja untuk menyimpangkan fakta dari substansi atau konteksnya.

  18. Wartawan Liputanfakta.com tidak mendistorsi foto dan video. Jika melakukan montase atau memakai foto ilustrasi selalu disertai penjelasan.

  19. Wartawan Liputanfakta.com mematuhi ketentuan embargo sepanjang tidak menghalang-halangi kepentingan publik. Embargo adalah penundaan pemuatan atau penyiaran berita sesuai dengan permintaan narasumber.

  20. Wartawan Liputanfakta.com tidak menyebutkan identitas korban kejahatan susila dan anak-anak pelaku tindak pidana.

  21. Wartawan Liputanfakta.com dilarang menjustifikasi terhadap suatu masalah yang menjadi bahan beritanya.

  22. Wartawan Liputanfakta.com segera meralat kekeliruan dalam pemberitaan serta melayani hak jawab.

  23. Wartawan Liputanfakta.com dilarang menjiplak, menggandakan dan mengutip informasi serta menggunakan foto tanpa menjelaskan sumber aslinya.

  24. Wartawan Liputanfakta.com tidak mencampuradukkan fakta dan opini.

  25. Wartawan Liputanfakta.com tidak menyamarkan iklan sebagai berita.

  26. Wartawan Liputanfakta.com wajib menjaga nama baik media liputanfakta.com dan wartawan Indonesia.

  27. Wartawan Liputanfakta.com bertanggung jawab secara pribadi bila berita yang didapatnya adalah hoax yang menimbulkan kerugian atas pihak lain.

  28. Wartawan Liputanfakta.com setuju atas pengeditan yang dilakukan oleh tim redaktur atas konten berita yang didapat.

  29. Wartawan Liputanfakta.com bertanggungjawab secara pribadi apabila terjadi penyalahgunaan tugas dan identitas sebagai Wartawan Liputanfakta.com.

  30. Wartawan Liputanfakta.com hilang statusnya seketika sebagai wartawan liputanfakta.com jika terbukti melakukan tindakan yang melanggar hukum yang dikuatkan oleh ketetapan putusan pengadilan.

  31. Wartawan Liputanfakta.com sanggup bekerjasama dengan tim redaksi di Kabupaten/Kota dan Provinsinya masing-masing.

  32. Wartawan Liputanfakta.com ikut memelihara dan mempertahankan keberadaan liputanfakta.com.

  33. Wartawan Liputanfakta.com tunduk dan menerima keputusan Dewan Redaksi Liputanfakta.com atas keputusan terhadap suatu masalah demi tetap terjaganya nama baik dan keberadaan liputanfakta.com

Kode etik internal Liputanfakta.com ini dibuat untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya sesuai Hukum dan Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Jakarta, 05 Februari 2018


Dewan Redaksi Liputanfakta.com

 

       
Trisula     Lamhot Lumban Gaol  
Trisula
 
 
 
 
Lamhot Lumban Gaol
 
 
Redaksi Kode Etik Internal Undang - Undang Pers Kode Etik Jurnalistik Pedoman Media Siber
LIPUTAN FAKTA



Copy Right @2018 Liputanfakta All Right Reserved
Kotak Surat Privacy Policy Info Iklan Disclaimer Karir