Jumat, 26 April 2019    20:38 WIB
Liputan Fakta

                                 Kabupaten Humbang Hasundutan

***Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****
TERKINI
 


Akibat Cuaca Buruk, Sriwijaya Air Tujuan Bandara Internasional Silangit Gagal Mendarat

Lamhot Lumban Gaol,    12 April 2019,    22:32 WIB,    Dibaca : 6,682 Kali

Akibat Cuaca Buruk,  Sriwijaya Air Tujuan Bandara Internasional Silangit Gagal Mendarat

Pesawat Siwijaya Air SJ 890, Usai Mendarat Sempurna di Bandara Internasional Silangit, Setelah Dua Kali Gagal Mendarat Karena Cuaca Buruk, Jumat, 12/4/2019. (Foto : Lamhot/liputanfakta.com)

Siborong-borong, liputanfakta.com---Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Silangit tidak bisa mendarat di Bandara Internasional Silangit akibat cuaca buruk. Pendaratan pesawat bernomor S J890 tersebut akhirnya dialihkan ke Bandara Internasional Kualanamu Medan, Jumat, 12/4/2019.

Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta terjadwal dan berangkat sekitra pukul 12:45 WIB dan diperkirakan tiba di bandara Internasional Silangit sekitar pukul 14.45 WIB akhirnya baru bisa mendarat sekitar pukul 17.15 WIB.

Pemberitahuan cuaca buruk oleh pramugari, membuat sejumlah penumpang cemas, takut dan khawatir.

Pada saat itu, Pilot berusaha mencoba untuk mendaratkan pesawat Sriwijaya Air, namun tiba-tiba  terbang naik kembali. Hal ini membuat para penumpang semakin cemas.

Sambil menunggu cuaca membaik, pilot membawa pesawat berputar-putar diatas bandara Internasional Silangit kurang lebih 15 menit dengan radius 30 kilometer dari bandara.

Hal ini diketahui para penumpang, setelah pramugari kembali memberitahukan bahwa sedang berusaha mendaratkan pesawat sambil menunggu cuaca membaik, mohon para penumpang tenang.

Setelah 15 menit berputar-putar di sekitar bandara Internasional Silangit, pilot berusaha kali kedua untuk mendarat, namun tetap gagal karena kabut yang tebal, pesawat pun kembali  naik terbang.  

Dua kali gagal mendarat, pilot melalui pramugarinya kembali memberitahukan kepada penumpang, bahwa akibat cuaca buruk, pesawat tidak bisa mendarat, karena jarak pandang kemudi untuk mendarat minimal 3 kilo meter.

Informasi ini diterima  dari petugas bandara Internasional Silangit, dan diteruskan oleh pramugari kepada para penumpang.

Akhirnya pilot memutuskan untuk mendarat di bandara Internasional Kualanamu Medan. Keputusan Pilot untuk mendarat di Bandara Internasional Kualanamu Medan, sangat tepat dan berdasar. Disamping persediaan bahan bakar yang semakin menipis selama perjalanan dan selama berputar-putar di sekitar bandara Internasional Silangit, keselamatan kemanusiaan adalah yang terutama.

Pesawat Sriwijaya Air, akhirnya memutuskan untuk mendarat di Kualanamu Medan, penumpang tetap dalam pesawat. Sambil menunggu informasi cuaca dari petugas bandara Internasional Bandara Silangit, Pesawat Sriwijaya Air pun mengisi bahan bakar.

Selang kurang lebih 45 menit, pramugari kembali memberitahukan, bahwa pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 890 akan melanjutkan penerbangan menuju bandara Internasional Silangit, mohon para penumpang tenang dan memakai sabuk pengaman.

Pesawat pun akhirnya terbang menuju Bandara Internasional Silangit. Kurag lebih 30 menit, pesawat sudah mendarat dengan sempurna di Bandara Internasional Silangit. Seluruh penumpang tampak bahagia dan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Penumpang Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 890 sampai dibandara Internasional Silangit, sekitar 17.15 WIB. Semua penumpang dalam keadaan sehat. Penumpang mengucapkan terimakasih kepada manajemn Sriwijaya Air yang lebih mengutamakan keselamatan kemanusiaan. Dan hal seperti ini harus dimiliki semua maskapai penerbangan, mengutamakan keselamatan.

Sementara itu, menurut salah seorang penjemput, pesawat Sriwijaya Air sempat memutar-mutar di udara selama 15 menit. Bahkan pesawat sempat terbang rendah disekitar bandara Internasional Silangit, namun terbang naik kembali.

“Cuaca memang sedang buruk, kabut tebal disekitar bandara sejak siang tadi. Tadi saya lihat rendah terbangnya. Lampunya kelihatan, warna pesawatnya juga kelihatan”, cetus salah seorang penjemput marga Tampubolon .

TERPOPULER
Depok 21 April 2019 00:47
Kota Depok, liputanfakta.com---Perayaan Malam Paskah di Gereja Katolik Santo Thomas Depok berlangsung hikmad, Sabtu, 20/4/2019. Sejumlah umat Katolik yang hendak beribadah tak luput dari pengamanan aparat kepolisian.

Dibaca : 1085 kali

img
Jakarta Pusat 11 April 2019 07:57 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin DKI Jakarta meyakini target suara 55 persen berhasil diraih saat Pilpres 2019. Ketua TKD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai,

Dibaca : 738 kali

img
Jakarta Pusat 11 April 2019 07:35 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengajak para kepala desa dan perangkat desa untuk menyukseskan Pemilu 2019. Dikatakan, jangan sampai dalam pemilu ada yang mengganggu

Dibaca : 575 kali

img
Depok 23 Desember 2018 19:20 WIB
Kota Depok, liputanfakta.com---Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk terus melestarikan kebudayaan asli Depok agar tidak hilang akibat perkembangan zaman. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan membentuk kampung-kampung

Dibaca : 941 kali

img
Jakarta Pusat 22 Desember 2018 09:50 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Setelah kembali dari rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur dan Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memimpin rapat terbatas yang membahas persiapan menjelang Natal dan Tahun

Dibaca : 1220 kali

img
Kolaka 02 Desember 2018 01:50 WITA
Kolaka, Liputan Fakta.com---Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka mengundang setidaknya 20 Juru Warta baik yang tergabung dalam Media Online, TV dan Cetak guna menyatukan pandangan dalam kegiatan liputan

Dibaca : 864 kali

img
Jeneponto 29 November 2018 14:54 WITA
Jeneponto, Liputan Fakta.com---Setelah melewati perjuangan panjang yang tentunya melelahkan, dari makassar ke kantor Kemenristekdikti di Jakarta dan kembali ke Makassar di LLDIKTI Wil. IX Selawesi akhirnya menuai hasil.

Dibaca : 1136 kali

img

Redaksi Kode Etik Internal Undang - Undang Pers Kode Etik Jurnalistik Pedoman Media Siber
LIPUTAN FAKTA



Copy Right @2018 Liputanfakta All Right Reserved
Kotak Surat Privacy Policy Info Iklan Disclaimer Karir