Jumat, 26 April 2019    21:21 WIB
Liputan Fakta

                                 Kabupaten Humbang Hasundutan

***Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****
TERKINI
 


Panwaslu Parlilitan Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi Pemilu 2019

Oka LG,    10 April 2019,    07:41 WIB,    Dibaca : 1,493 Kali

Panwaslu Parlilitan Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi Pemilu 2019

Lamro Agave Meha, Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu. (Foto : Dok/liputanfakta.com)

Parlilitan, liputanfakta.com---Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan mengajak seluruh elemen masyarakat Parlilitan ikut andil dalam rangka pengawasan jalannya proses penyelenggaraan Pemilu 2019. Demikian disampaikannya Lamro Agave Meha, Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu kepada awak media ini saat dikonfirmasi, Selasa, 9/4/2019.

Lamro Agave Meha, mengatakan bahwa saat ini Panwaslu Kecamatan Parlilitan telah melakukan Bimtek kepada Pengawas Desa sebanyak 20 orang, Pengawas TPS sebanyak 66 orang. Nantinya pengawas desa dan pengawas TPS akan kita bagi di setiap TPS. Disamping pengawas yang kita miliki, kita juga meminta peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi dan bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi ini.

Menurut Lamro Agave Meha, selama ini dalam proses Pemilu, masyarakat hanya datang, mencoblos dan pulang. Tentunya Panwaslu tidak mau lagi masyarakat seperti itu, namun dalam Pemilu nanti, mereka juga dapat mengambil peran sebagai pengawas Pemilu.

“Kami tidak mau masyarakat itu hanya dijadikan objek, namun harus jadi subjek dalam Pemilu nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemilu merupakan ajang kompetisi politik yang rentan terjadi pelanggaran. Untuk itu kami meminta keterlibatan masyarakat dalam pengawasan dan berkoordinasi dengan Panwaslu.

“Sebagian masyarakat kita hanya mengetahui bahwa dalam pengawasan Pemilu itu hanya ditujukan kepada KPU dan Bawaslu saja padahal dalam pelaksanaan semua masyarakat harus turut hadir atau aktif dalam mengawasi Pemilu ini”, jelasnya.

Seperti diketahui bahwa Undang-Undang sangat menjamin keamanan si pelapor atas dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Partai, Caleg, ASN dan Oknum-oknum lainya. Pelaporan disertai bukti berupa dokumentasi berupa video, foto dan data pendukung lainnya. Bila laporan tersebut memenuhi unsur formil dan materil maka Panwaslu melalui Bawaslu akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Ini kita tegaskan karena kita sadar bahwa Pemilu merupakan ajang kompetisi politik yang rentan terjadi pelanggaran. Untuk itu kami meminta keterlibatan masyarakat dalam pengawasan dan berkoordinasi dengan Bawaslu”, terangnya.

Sementara, Ketua Panwaslu Kecamatan Parlilitan, Arifin Tinambunan mengatakan, peran warga negara dalam pengawasan Pemilu demi terwujudnya penyelenggaraan Pemilu sangatlah penting. Penyelenggaraan pemilu akan berjalan dengan baik dalam setiap tahapan apabila mendapat pengawasan serta dukungan dari warga negara itu sendiri.

“Mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum memahami hak dan kewajiban dalam partisipasinya sebagai warga negara, minimnya kesadaran hak dan kewajiban politik itu mengakibatkan respon masyarakat dalam proses politik masih belum maksimal. Untuk itu, Panwaslu Parlilitan mengajak masyarakat untuk ikut berperan mengawasi Pemilu 2019”, jelas Ketua Panwaslu.

TERPOPULER
Depok 21 April 2019 00:47
Kota Depok, liputanfakta.com---Perayaan Malam Paskah di Gereja Katolik Santo Thomas Depok berlangsung hikmad, Sabtu, 20/4/2019. Sejumlah umat Katolik yang hendak beribadah tak luput dari pengamanan aparat kepolisian.

Dibaca : 1086 kali

img
Jakarta Pusat 11 April 2019 07:57 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin DKI Jakarta meyakini target suara 55 persen berhasil diraih saat Pilpres 2019. Ketua TKD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai,

Dibaca : 739 kali

img
Jakarta Pusat 11 April 2019 07:35 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengajak para kepala desa dan perangkat desa untuk menyukseskan Pemilu 2019. Dikatakan, jangan sampai dalam pemilu ada yang mengganggu

Dibaca : 576 kali

img
Depok 23 Desember 2018 19:20 WIB
Kota Depok, liputanfakta.com---Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk terus melestarikan kebudayaan asli Depok agar tidak hilang akibat perkembangan zaman. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan membentuk kampung-kampung

Dibaca : 941 kali

img
Jakarta Pusat 22 Desember 2018 09:50 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Setelah kembali dari rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur dan Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memimpin rapat terbatas yang membahas persiapan menjelang Natal dan Tahun

Dibaca : 1220 kali

img
Kolaka 02 Desember 2018 01:50 WITA
Kolaka, Liputan Fakta.com---Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka mengundang setidaknya 20 Juru Warta baik yang tergabung dalam Media Online, TV dan Cetak guna menyatukan pandangan dalam kegiatan liputan

Dibaca : 865 kali

img
Jeneponto 29 November 2018 14:54 WITA
Jeneponto, Liputan Fakta.com---Setelah melewati perjuangan panjang yang tentunya melelahkan, dari makassar ke kantor Kemenristekdikti di Jakarta dan kembali ke Makassar di LLDIKTI Wil. IX Selawesi akhirnya menuai hasil.

Dibaca : 1136 kali

img

Redaksi Kode Etik Internal Undang - Undang Pers Kode Etik Jurnalistik Pedoman Media Siber
LIPUTAN FAKTA



Copy Right @2018 Liputanfakta All Right Reserved
Kotak Surat Privacy Policy Info Iklan Disclaimer Karir