Sabtu, 20 April 2019    01:29 WIB
Liputan Fakta

                                 Kabupaten Humbang Hasundutan

***Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****Identitas Wartawan Liputanfakta.com Namanya Tercantum pada Box Redaksi, Memiliki Kartu Pers yang Masih Berlaku dan Memiliki Surat Tugas yang Masih Berlaku**** IKLAN/BERITA Hubungi Telp/WA : 081297639596****
FOKUS
 


Lembaga K.P.K Humbang Hasundutan Apresiasi Kinerja Kepala Desa Siponjot Lintongnihuta

Oka/Sarejo,    30 Januari 2019,    17:47 ,    Dibaca : 4,171 Kali

Lembaga K.P.K Humbang Hasundutan Apresiasi Kinerja Kepala Desa Siponjot Lintongnihuta

Lintongnihuta, liputanfakta.com---Minggu ketiga monitoring pelaksanaan kegiatan proyek desa yang dilaksanakan Lembaga Komando Pemberantasan Korupsi  (Lembaga K.P.K) digelar di Kecamatan Lintongnihuta, Selasa, 29/01/2018.

Dalam monitoring tersebut, desa yang pertama dikunjungi adalah desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta. Tim monitoring usai melaksanakan survey lapangan sekaitan dengan sejumlah kegiatan pelaksanaan proyek desa Siponjot tahun 2017-2018, menyempatkan diri menyinggahi Kantor Kepala Desa Siponjot.

Tim monitoring sangat kaget ketika melihat kantor kepala desa Siponjot yang tertata begitu rapi, bersih dan indah. Mulai dari ruangan kantor desa, ruang kerja sekdes, ruang  dapur tertata rapih selayaknya perkantoran.

Bagaimana tidak, lantai kantor desa menggunakan keramik, setiap pintu ruangan dipasangkan horden, dapurnya dilengkapi dengan wastafel. Semarak ruangan semakin indah kala pot bunga disusun rapi di dalam ruangan kantor desa. Interior yang didesain sedemikian rupa menjadikan kantor desa Siponjot menjadi kantor desa yang terbaik yang disinggahi tim monitoring Lembaga K.P.K. Humbang Hasundutan.

Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang ditemukan Tim Monitoring ke desa-desa yang ada di Humbang Hasundutan. Temuan tim monitoring beberapa kantor desa banyak yang tutup, kotor, dan tidak terawat. Bahkan bendera kantor desa banyak yang sudah robek, kusam. Padahal anggaran untuk sarana dan prasarana kantor desa ada ditampung didalam ADD maupun DD.

Anehnya, perangkat desa yang digaji dari ADD ataupun DD tidak kelihatan berkantor di desa karena kantor desa lebih sering tutup ketimbang buka. Temuan dilapangan, bagaimana perangkat desa berkantor di desa jika fasilitas kantor desa tidak memadai. Muncul pertanyaan, kemana anggaran sarana dan prasarana kantor desa setiap tahunnya yang ditampung dalam ADD dan DD?

Ketua Lembaga K.P.K Humbang Hasundutan Lamhot Lumban Gaol sangat mengapresiasi kinerja Kepala Desa Siponjot. Hal itu dikatakannya usai melihat langsung ke lapangan hasil pelaksanaan kegiatan proyek desa 2017-2018 di desa Siponjot.

“Ini sangat luar biasa, kinerja dan kantor kepala desa Siponjot ini harus kita dukung untuk menjadi contoh bagi kepala desa yang lain dalam menata kembali kantor desanya masing-masing. Bayangkan kantor desa memiliki dapur khusus yang ditata rapi dan bersih, Kepala Desa tidak perlu mengeluarkan kocek lagi membeli minum untuk setipa tamunya yang datang. Tinggal seduh, langsung saji, tamu senang kantong Kepala Desa pun hemat,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa apa yang kita lihat di kantor desa Siponjot sangat berbanding terbalik dengan kantor-kantor desa lainnya  yang pernah kita kunjungi. Padahal setiap desa di Humbang Hasundutan sama-sama mengelola DD dan ADD kurang lebih satu milliyar lebih per tahunnya.

“Pertanyaannya kenapa kantor desa Siponjot mampu menciptakan kantor desanya sedemikian rupa, kenapa desa lain seolah tidak peduli dengan kantor desanya?, bahkan ada beberapa desa mengganti bendera kantornya saja tidak mampu, padahal anggaran ada untuk itu”, tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas PMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan, Drs. Eben Simanungkalit saat dihubungi liputanfakta.com bahwa beliau juga mengakui kinerja Kepala Desa Siponjot. Menurutnya, disamping memiliki integritas, kantor desa Siponjot adalah salah satu kantor kepala desa yang memenuhi syarat  dalam nominasi penilaian di tahun 2019. Bahkan Kepala desa nya adalah figur terbaik yang kita anggap memiliki kompetensi, termasuk kinerja para perangkat desa nya juga cukup baik.

"Saya kira kantor desa Siponjot masuk sebagai nominasi penilaian kantor desa terbaik tahun 2019, dimana kriteria untuk kantor desa terbaik seperti kebersihan lingkungan kantor, penataan ruangan kantor, kelengkapan ATK kantor, pelayanan kantor desa, kehadiran perangkat desa dalam kantor, desa Siponjot sudah memenuhinya", jelasnya saat dikonfirmasi via selulernya, Rabu, 30/1/2019.

Kepala Desa Siponjot, Tobok Silaban, ST saat dikonfirmasi  mengenai keadaan kantor desa nya yang luar bisa bagusnya mengatakan bahwa kantor desa adalah milik desa dan merupakan aset desa dan biaya pemeliharaanya  ditampung dalam anggaran desa setiap tahunnya, karena itu wajib kita gunakan semaksimal mungkin peruntukannya sesuai dengan yang sudah disepakti bersama warga desa saat musrembang.

“Tahun 2018, pembangunan sarana dan prasarana kantor desa ada dianggarkan dan itu gunakan untuk membenahi apa yang kurang di kantor desa, jadi ini terlaksana secara bertahap setiap tahunnya”, ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Tahun 2018 desa Siponjot mengelola Dana Desa sebesar Rp. 665.265.000,- dengan jumlah ADD nya sebesar Rp. 325.512.000. Kegiatan fisik tahun 2018 ada lima item dan semuanya sudah selesai dikerjakan dan saat ini sedang melakukan penyusunan Laporan Pertangggunjawaban Kepala Desa (LKPD).

 

TERPOPULER
Jakarta Pusat 11 April 2019 07:57 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin DKI Jakarta meyakini target suara 55 persen berhasil diraih saat Pilpres 2019. Ketua TKD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai,

Dibaca : 732 kali

img
Jakarta Pusat 11 April 2019 07:35 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengajak para kepala desa dan perangkat desa untuk menyukseskan Pemilu 2019. Dikatakan, jangan sampai dalam pemilu ada yang mengganggu

Dibaca : 572 kali

img
Depok 23 Desember 2018 19:20 WIB
Kota Depok, liputanfakta.com---Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk terus melestarikan kebudayaan asli Depok agar tidak hilang akibat perkembangan zaman. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan membentuk kampung-kampung

Dibaca : 937 kali

img
Jakarta Pusat 22 Desember 2018 09:50 WIB
Jakarta, liputanfakta.com---Setelah kembali dari rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur dan Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memimpin rapat terbatas yang membahas persiapan menjelang Natal dan Tahun

Dibaca : 1213 kali

img
Kolaka 02 Desember 2018 01:50 WITA
Kolaka, Liputan Fakta.com---Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka mengundang setidaknya 20 Juru Warta baik yang tergabung dalam Media Online, TV dan Cetak guna menyatukan pandangan dalam kegiatan liputan

Dibaca : 861 kali

img
Jeneponto 29 November 2018 14:54 WITA
Jeneponto, Liputan Fakta.com---Setelah melewati perjuangan panjang yang tentunya melelahkan, dari makassar ke kantor Kemenristekdikti di Jakarta dan kembali ke Makassar di LLDIKTI Wil. IX Selawesi akhirnya menuai hasil.

Dibaca : 1131 kali

img
Padang Sidimpuan 23 November 2018 17:47 WIB
Tapanuli Selatan, Liputan Fakta.com--Menyambut Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ke-68 Tahun 2018 yang di pusatkan di Gedung Serbaguna Sarasi, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Rabu (21/11), Pemkab

Dibaca : 1580 kali

img

Redaksi Kode Etik Internal Undang - Undang Pers Kode Etik Jurnalistik Pedoman Media Siber
LIPUTAN FAKTA



Copy Right @2018 Liputanfakta All Right Reserved
Kotak Surat Privacy Policy Info Iklan Disclaimer Karir